Kamis, 21 April 2011

Tips : Memasak Seafood agar Gizi tidak Hilang dan Nikmat


Tips : memasak seafood agar Gizi tidak Hilang

Meskipun hidangan laut -khususnya ikan- sering dianggap tinggi kandungan merkurinya, namun orang tetap mencintai makanan ini. Hidangan laut ini tinggi protein, rendah lemak, sehingga merupakan sumber makanan yang sehat bagi jantung.

Kebanyakan ikan dan kerang-kerangan akan terasa paling lezat jika dimasak dan disantap pada hari Anda membelinya. Hanya saja, Anda perlu lebih cermat dalam mengolahnya. Salah mengolah makanan ini, Anda bisa kehilangan gizinya. Agar seafood bisa kita nikmati dengan tetap mengandung nilai gizi yang tinggi dan tetap lezat sesuai kegemaran kita maka ada berbagai cara untuk mengolah seafood yang bisa Anda pilih, antara lain : dipanggang, dikukus, atau direbus ( lebih lengkapnya baca dibawah ini ).

1. Dibakar
Membakar hidangan laut sebenarnya mudah saja, asal Anda mengikuti aturannya. Minyaki dulu alat pemanggang untuk menghindari daging menempel di pemanggangnya, dan menjaga agar nyala apinya berada dalam jarak sedang dari ikan (atau bahan makanan lainnya). Hindari juga menggunakan garpu untuk membalik daging, karena garpu bisa menyebabkan fillet ikan remuk dan kehilangan kelembabannya. Olesi dengan perasan lemon untuk meningkatkan cita rasanya.

2. Ditumis/digoreng
Menumis secara singkat bisa mengeluarkan cita rasa hidangan laut dalam sekejap, tanpa menutupi rasa asli daging tersebut. Anda bisa membuat seafood itu ringan dan empuk, dengan menyiramnya dengan sedikit minyak zaitun dan bumbu-bumbu, atau melapisinya dengan tepung roti yang kering. Setelah itu, goreng menjadi potongan hidangan kaya protein yang kering di luar, dan empuk di dalamnya.

3. Dipanggang
Memanggang ikan menjadi cara yang baik ketika Anda memiliki banyak waktu. Sebab, untuk memanggang Anda harus memasak daging dengan panas yang tepat. Panaskan dulu oven saat Anda mempersiapkan pernak-pernik hidangan, berikut bumbunya. Bumbu akan menambahkan cita rasa pada seafood dan menjaganya agar tetap lembab dan empuk. Iris daging ikan tebal-tebal, termasuk untuk daging dengan kandungan lemak yang tinggi, agar daging tidak kering ketika dipanggang.

4. Direbus
Merebus hidangan laut butuh ketrampilan khusus. Anda harus menjaga agar apinya tidak terlalu besar sehingga didihan air tidak terlalu besar, dan waktunya dibatasi. Jika tidak, daging akan menjadi keras. Ketika air rebusan berada dalam suhu yang pas dan dibumbui dengan benar, hasilnya adalah hidangan dengan satu rasa. Anda bisa merebus dengan air, anggur, atau kaldu (pastikan tidak terlalu asin). Dengan cara ini, Anda jgua bisa memastikan hidangan tidak mengandung terlalu banyak lemak.

5. Dikukus
Selain sayuran, bahan makanan yang juga baik dimasak dengan cara dikukus adalah ikan. Kebanyakan ikan dapat dikukus seluruhnya, atau dibuat fillet lebih dulu. Bumbui ikan dengan ringan, lalu tetesi dengan lemon untuk menghilangkan amis.

Ikan kukus akan mempertahankan cita rasa dan kandungan gizi seperti asam lemak Omega-3 yang ditemukan dalam semua makanan laut. Dengan mengukus, daging ikan tidak akan hancur selama proses memasak dalam food steamer. Bandingkan jika Anda merebus, memanggang, menumis, atau memanaskan ikan dengan cara lain. Ikan akan kehilangan gizinya.

Selamat berburu dan Memasak Seafood Kegemaran Anda.

www.asihcla-10.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger