Jumat, 29 April 2011

Ngiler.....sehatkah Mulut Kita ???


Menurut dr R. Sutomo Slamet Iman Santoso, ahli penyakit dalam, sering mengeluarkan air liur saat tidur (ngiler) bisa merupakan hal yang wajar, bisa juga tidak.Perlu diketahui, kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik bisa berpengaruh pada kelenjar-kelenjar liur di dalam mulut seseorang.

Misalnya, ada infeksi yang sebenarnya ringan, namun terjadi bertahun-tahun dengan kondisi kronis pada gusi bagian belakang. Dalam kondisi demikian, kelenjar liur mulut bagian belakang akan terangsang terus-menerus. Dengan sendirinya air liur pun akan selalu keluar, pada saat tidur sekali pun (karena rangsangan tersebut tetap ada).

Hal lain yang bisa jadi penyebab adalah kurangnya kebersihan gigi dan mulut. Sisa makanan yang tertinggal di mulut, terutama di bagian belakang, merangsang kelenjar liur untuk mengeluarkan liur tersebut agar sisa makanan terdorong keluar.

Selain itu, infeksi ringan di dalam mulut, yang bisa jadi tidak dirasakan, dapat merangsang sel-sel kelenjar liur. Kelenjar liur akan memproduksi dan mengeluarkan air liur secara berlebihan.

Di samping itu, produksi air liur berlebihan bisa juga dipicu adanya penyakit yang disebabkan virus yang menyerang kelenjar-kelenjar liur. Karena ada virus, si kelenjar memproduksi air liur secara berlebihan untuk membuang virus-virus tersebut.

Jadi lebih baik kita jaga kesehatan mulut kita,dengan kebiasaan yang baik,misalnya setiap habis makan gosok gigi,atau paling malasnya setiap malam sebelum tidur wajib gosok gigi.
Hal ini bisa kita terapkan setiap harinya,tapi kalau masih ngiler juga anda,coba periksa bau mulut anda dengan cara meniup ke arah tangan anda sendiri tepat di depan mulut anda,kalau tidak bau ini tanda yang bagus,atau kalau kurang yakin coba periksa ke dokter ahli mulut.
Dari hasil pemeriksaan dokter tersebut anda akan tahu,apakah ngiler anda wajar atau sedang ada masalah dengan mulut anda.

Stop penyakit mulut dengan kebiasaan gosok gigi secara sehat dan rutin setiap hari.
SELMAT MENCOBA.

www.asihcla-10.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar