Minggu, 18 Desember 2011

Ciri-ciri Wirausahawan yang Sukses


Ciri-ciri Wirausahawan yang Sukses

Berbicara mengenai Wirausaha pasti tujuan akhir yang diharapkankan SUKSES.Untuk mencapai kesuksesan seorang Wirausahawan tentu harus  smart dan mempunyai modal untuk menjalan usahanya.Apakah harus pendidikan tinggi dan kaya?
Tidak semua WIRAUSAHAAN yang berhasil dari orang berpendidikan tinggi,banyak  yang lulusan SD tetapi karena tekat yang kuat,usaha yang pantang menyerah,keyakinan untuk berhasil yang tinggi serta mempunyai sifat jujur dan mandiri maka keberhasilan bukanlah hanya mimpi.

Orang yang kaya,memang kerberhasilan membutuhkan modal tetapi tidak semuanya benar,karena orang sederhana tetapi mempunyai keyakinan yang kuat dan modal kejujuran yang dimilikinya serta mau bekerja keras maka kepercayaan orang lain yang mampu secara modal akan mudah didapat.

Kalau begitu apa saja ciri-ciri seorang WIRAUSAHA yang sukses? Berikut ini ada 8 ciri WIRAUSAHAWAN yang sukses yaitu :

1.Kerja Keras

Yang dimaksud disini adalah : orang yang mau bekerja dengan sungguh-sungguh tanpa kenal lelah sampai tujuannya berhasil sesuai target yang diinginkan,setiap usaha yang telah ditempuh selalu dievaluasi agar mencapai kepuasan,selalu berusaha terus dan pantang menyerah selama kepuasan hasil belum didapat.

2.Disiplin

Sebagai orang yang ingin berhasil,disiplin adalah mutlak harus dimiliki karena dengan kedisiplinan ia akan tetap waktu dan tepat janji dengan orang lain sehingga kepercayaan orang lain mudah didapat,dari sinilah orang akan banyak bekerja sama dengn kita.

3.Realistis

Sebagai orang yang bergerak untuk maju,maka ia harus mempunyai cara berpikir yang realistis bukan hanya mimpi,gagasannya harus bisa diwujudkan biarpun dari hal yang kecil secara bertahap selalu bertambah besar sehingga realisasinya bukan hanya angan-angan saja,jadi ia mampu berpikir sekecil dan sebesar apapun harus sudah dipikirkan kemungkinan realisasinya.

4.Berorientasi ke masa depan

Seorang Wirausahawan harus mampu berorientasi atau wawasan ke masa depan,pandangan terhadap apa yang akan terjadi dimasa depan terhadap perkembangan usahanya,resiko apa saja yang akan dihadapi,tindakan apa saja yang akan ditempuh sehingga ia mampu mengendalikan usahanya sejak awal.
5.Mandiri
Orang yang mandiri niscaya menumbuhkan sikap percaya diri yang tinggi terhadap diri sendiri,sehingga ia mampu meyakinkan orang lain tetapi bukab berarti menang sendiri,ia harus bisa menunjukan kepada orang lain bahwa apa yang dikerjakan atas keinginan sendiri bukan dari orang lain,sehingga usaha kerasnya bisa tumbuh besar karena sifat mandiri yang dimilikinya.

6.Komitmen tinggi

Sikap yang memegang teguh terhadap prinsip kebenaran yang dijalankan,tidak pernah ingkar janji biarpun dengan diri sendiri ini adalah komitmen yang harus selalu dijaga sehingga setiap perbuatan dan perkataan, baik dengan diri sendiri maupun orang lain menjadi prinsip kehidupan dalam berbisnis.

7.Prestatif

Adalah sifat dan keinginan yang kuat serta dipadu dengan pikiran yang murni dari diri sendiri sehingga bisa menunjukkan apa yang menjadi keunggulannya terhadap orang orang bisa berhasil mendapatkan suatu penghargaan,tidak mencuri ide orang lain untuk mencapai tujuannya.Ini adalah bukti nyata prestasi yang diraih,bukan karena orang lain tapi kerjasama dia sebagai pimpinan dan anak buahnya dalam mencapai keberhasilan.

8.Jujur

Dengan kejujuran maka kepercayaan orang lain akan timbul,sehingga semua pelaku bisnis akan mudah bekerja sama,karena jujur merupakan suatu amanah yang harus dijunjung tinggi,sehingga didalam usahanya tidak ada yang berkhianat,ingkar janji dan selalu berkata serta berbuat jujur.Karena dalam bisnis bila sudah tidak ada kejujuran maka segala aktifitas bisnis ( kirim barang,hitung/timbang barang,pembayaran hutang dan lain-lain) akan terhenti dan tidak ada yang mau bekerja sama,maka akhirnya akan bangkrut.
Apakah semua orang harus memiliki ke-8 ciri dan sifat diatas? Ya,coba anda lihat di berbagai media baik Koran/majalah atau elektronik on line (internet/maya),banyak tokoh-tokoh WIRAUSAHAN yang diwawancarai seperti Bob Sadino yang terkenal dengan celana jin pendeknya dan lain-lain,mereka mempunya jiwa yang kuat,mandiri,pantang menyerah,jujur dan pekerja keras.Mereka adalah pelaku langsung bukan hanya memerintah tapi orang lain yang menjalankan,mereka turun langsung dan mengawasi setiap jenis kegiatan dan usaha yang dilakukan sehingga antara bawahan dan atasan saling bersinergi mempunyai wawasan yang sama untuk mencapai kesuksesan.Karyawannya merasa dihargai,tidak cuma diambil tenaganya saja tetapi merasa dilibatkan langsung sehingga akan tumbuh besar bersama,saling memelihara dan menjaga agar usahanya bermanfaat baik untuk diri sendiri atau orang lain.Ini secara otomatis kehidupan masing-masing pelaku semakin mapan sehingga akan lahir inovasi-inovasi yang lebih produktif yang baru.Semoga.

4 komentar:

  1. Hehehe.. disini ada "jujur" - nya

    siipp

    salam

    http://pasarjogja.com - berbisnis dengan kejujuran

    BalasHapus
  2. So pasti "jujur" itu kata kunci dalam bidang apapun kalau mau langgeng.
    makasih ya telah berkunjung,suskes selalu untuk anda.

    BalasHapus
  3. jujur, ulet dan ikhlas..betul jadi kunci bagi yang pengen sukses, disamping do'a yang tiada henti, karena kewajiban kita hanya berusaha, soal hasil...hak sang maha Agung.
    bagus2=-bagus artikelnya euy.

    BalasHapus