Selasa, 20 Desember 2011

Teh Hijau Cegah berbagai Penyakit


Sudah sejak lama, teh hijau dikenal memiliki sejuta manfaat, mulai dari kesehatan sampai kecantikan.
Teh hijau adalah teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.
Jenis-jenis teh hijau yang umum:

Gyokuro
Teh terpilih dari daun teh kelas atas yang disebut Tencha. Teh dinamakan Gyokuro karena warna hijau pucat yang keluar dari daun teh. Daun dilindungi dari terpaan sinar matahari sehingga mempunyai aroma yang sangat harum.

Matcha
Teh hijau berkualitas tinggi yang digiling menjadi bubuk teh dan dipakai untuk upacara minum teh. Matcha mempunyai aroma yang harum sehingga digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, berbagai jenis kue tradisional Jepang (wagashi), berbagai permen dan coklat.

Sencha
Teh hijau yang biasa diminum sehari-hari, dibuat dari daun yang dibiarkan terpapar sinar matahari.

Genmaicha
Teh jenis bancha dengan campuran butiran beras yang belum disosoh (genmai) yang dibuat menjadi berondong. Teh mempunyai aroma wangi butiran beras yang setengah gosong.

Kabusecha
Teh jenis sencha yang daunnya dilindungi untuk beberapa lama dari terpaan sinar matahari sebelum dipanen. Aroma teh kabusecha sedikit lebih lembut dibandingkan dengan teh sencha.

Bancha
Teh kasar yang dibuat dari panenan yang kedua kali antara musim panas dan musim gugur. Daun teh untuk teh bancha biasanya lebih besar dari daun teh sencha dan aromanya tidak begitu harum.

Hojicha
Teh yang digongseng di atas penggorengan atau di dalam oven.

Kukicha
Teh berkualitas rendah dari daun teh bercampur tangkai daun teh.
Berikut ini beberapa manfaat Teh Hijau bagi kehidupan kita :

1. Menghindari penyakit
Teh hijau merupakan antioksidan yang kuat dan terbukti dapat mengurangi serangan kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kulit, stroke, dan serangan jantung. Untuk menambahkan tenaga ekstra ketika mengonsumsinya, tambahkan perasan air jeruk lemon. Kandungan flavonoid dalam teh hijau ternyata bisa memerangi virus hepatitis C.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
Tiga cangkir teh hijau sehari bisa memberikan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

3. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi secangkir teh hijau sebelum melakukan olahraga terbukti bisa mempercepat penurunan berat badan dan pembakaran lemak. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kafein mampu membebaskan asam lemak sehingga Anda bisa membakar lemak jauh lebih mudah. Antioksidan dalam teh juga bekerja sama dengan kafein untuk membantu Anda membakar kalori lebih banyak.

4. Menghilangkan alergi
Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa teh hijau mengandung senyawa EGCG yang akan membuat tubuh terbebas dari reaksi alergi terhadap debu, bulu binatang, sampai alergi serbuk sari.
 Dari : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar