Senin, 19 Desember 2011

6 Karakteristik Utama Wirausahawan


Ciri khas seorang Wirausahawan biasanya sudah banyak terlihat sebelum mereka menjadi seorang Wirausahawan yang sukses.Sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari terasa enak dilihat kedisiplinannya,sifat mandirinya atau bahkan komitmen terhadap janji dan ketepatan perhitungan suatu masalah begitu enak rasanya.

Berikut ini rangkuman berbagai pendapat para pakar Wirausahawan yang cukup terkenal di bidangnya,yaitu ada 6 Karakteristik Utama Wirausahawan sbb :
1.Sikap dan Perilaku Disiplin
Sikap dan Perilaku Disiplin semestinya sudah dimiliki pribadi-pribadi orang sukses,atau tepatnya sikap dan perilaku disiplin bukan pemaksaan kehendak seseorang tetapi lahir dan tumbuh dari kesadaran pribadi diri sendiri.
Kenapa hal itu sangat penting,karena tanpa sikap dan perilaku disiplin yang melekat dalam pribadi seseorang,maka ia tidak bisa belajar dengan baik,kalau bekerja pun tidak akan menghasilkan karya yang baik,bila bekerja sama dengan orang lain pun tidak akan maksimal.Jadi konsep dan pekerjaan apapun akan terasa lebih tertata,rapi dan akan sangat meyakinkan orang lain dengan perilaku disiplin,karena semua pihak pasti menyukainya.
2.Komitmen Tinggi
Komitmen yang tinggi sangat dibutuhkan seorang wirausahawan sejati,artinya ia harus memiliki wawasan yang luas dan terbuka sehinga mampu memahami bisnis dengan baik,ia mampu memanfaatkan sumberdaya yang ada supaya bisa tumbuh berkembang.Memberikan suri teladan dalam setiap proses dan keputusan yang diambil harus konsisten,tegas serta adil,sehingga hubungan yang terjalin  semakin solid demi perkembangan usahanya masa sekarang dan ke depan.
Agar hal tersebut bisa berjalan dengan baik maka dibutuhkan konsentrasi penuh sehingga lebih terfokus dalam menangani setiap tugas dan masalah sekecil apapun dan berusaha untuk secepatnya menyelesaikan masalah dengan sebaik-baiknya.
3.Jujur
Kejujuran seorang wirausahawan merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalankan usahanya dan kepercayaan dari para konsumen maupun masyarakat terhadap diri dan usaha yang sedang tumbuh kembang.
Dengan kejujuran maka dengan sendirinya kepercayaan konsumen tetap tinggi,prasangka buruk dan dusta tidak mudah timbul sehingga usahanya baik dalam jangka pendek dan panjang akan bisa dikendalikan yang tentunya semua itu harus terus dipelihara.

4.Kreatif dan Inovatif
Kreatifitas adalah : kemampuan seseorang yang melahirkan sesuatu produk yang baru (inovatif).Inovasi lahir karena orang tidak puas dengan barang yang ada,kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain,hal-hal yang baru dan bisa diterima semua lapisan,sehingga konsumen akan selalu menunggu produknya.
Seperti masa saat ini yang banyak dibicarakan di dunia,mengenai hak paten yang sedang diperebutkan antara Apple (dengan iphon dan ipadnya) dan SAMSUNG (dengan Tabnya).
5.Mandiri 
Pribadi yang mandiri adalah ia mengetahui apa yang dilakukan dan menyadarinya apa yang akan dicapai atau apa yang akan dituju.Ia akan bisa menerima segala kelemahan dan keunggulan dirinya,sehingga ia mampu menggunakannya dengan sepenuh hati,pantang mundur walaupun masih ada kelemahan dan berusaha lebih baik.Berani menghadapi kenyataan dan mempunyai potensi yang kuat untuk berprestasi serta mampu menolong diri sendiri dalam mengatasi permasalahan dalam kehidupannya.
Ketekunan dan keuletan dalam bekerja keras diwujudkan dengan kemampuannya memulai suatu usaha walaupun kecil tapi dampaknya luas dimata konsumen.
6.Realistis
Realistis artinya kenyataan,dengan berpikir realistis sesuai akal sehat maka seseorang bisa tumbuh kembang menuju kesuksesan.Dengan melihat kenyataan yang ada,ia akan berpikir lebih maju untuk memecahkan suatu maslah,berusaha lebih baik dan selalu intropeksi diri terhadap kekurangan sehingga menimbulkan sikap optimis dan kemandirian serta selalu berorientasi ke depan.
Demikian 6 karakteristik utama Wirausahanyang sukses,tanpa mau menghakimi,bahwa sikap dan perilaku diatas sejujurnya setiap orang pasti mempunyainya,akan tetapi sifat malas,keyakinan yang tidak kuat dan takut gagal terkadang selalu menghantui.Terkadang kita sebagai manusia harus dipaksa dahulu maka baru keluarlah kemanpuan diri yang sebenarnya.
Ini terbukti,saat terjadi krisis dunia termasuk Indonesia pada tahun 1998.akan tetapi bangsa Indonesia mampu mengatasinya,bahkan sampai saat ini di luar sana,EROPA & AMERIKA masih berlangsung.
Berikut ini,pendapat yang cukup terkenal mengenai Wantu dan Uang :
1.Seseorang yang punya TIDAK PUNYA WAKTU tapi PUNYA UANG adalah :Pengusaha Bodoh.
2.Seseorang YANG PUNYA WAKTU tapi TIDAK PUNYA UANG adalah :Pengangguran
3.Seseorang YANG TIDAK PUNYA WAKTU dan TIDAK PUNYA UANG adalah : Pekerja.
4.Seseorang YANG PUNYA WAKTU dan PUNYA UANG adalah : Pengusaha yang Sukses.
Mana yang anda pilih? Pasti sebagian besar memilih nomor 4.
Tetapi kita jangan mau hanya memilih,berpikirlah keluar dari kotak,siapa tahu anda salah satunya.
Ingat,air putih sekarang jadi barang yang paling banyak dijual,padahal dahulu sebelum,perusahaan air minum Aqua mengemasnya dalam sebuah botol dan berkembang sebesar sekarang tidak pernah ada yang berpikir bisa seperti saat ini.
Atau perusahaan air minum The Botol Sosro yang sekarang cukup terkenal,dahulu setiap orang Indonesia peminum teh,tetapi setelah dikemas sedemikian rupa ternyata bisa diterima juga oleh semua lapisan masyarakat  dan laku keras,bahkan banyak perusahaan lain yang mengikutinya.
Bagaimana anda mau dan ingin berpikir KEKUAR DARI KOTAK?
Siaplah jadi PEMENANG.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar