Rabu, 14 Desember 2011

4 sifat dasar seorang WIRAUSAHA TULEN

Bahkan semua karyawan kantor baik swasta atau negri juga bisa disebut sebagai seorang wirausaha, asalkan ia memiliki sifat atau mental sebagai wirausaha, yang diaplikasikan ke dalam kegiatan pekerjaannya.Mungkin secara tidak sadar terkadang ada temen kita setiap momen menjelang lebaran ada yang menjual kue-kue lebaran,kebetulan ada yang nitip untuk ditawarkan ke teman-teman yang kebetulan satu bagian dengan kita.secara tidak langsung pasti kita mencoba menawarkan plus dengan berbagai informasi yang mendukung agar membeli kue tersebut ( mau menawarkan karena setiap ada yang membeli saya akan mendapatkan bonus,lumayan buat uang jajan tambahan,tanpa modal tapi dapat kocek,modal omong doang).
Dan mungkin masih banyak hal yang lain yang kita alami tetapi secara tidak sadar itu merupakan sifat seorang WIRAUSAHA,tinggal keberanian kita untuk mencoba.Berikut ini sifat-sifat dasar seorang WIRAUSAHA yaitu :


1.Bersikap hemat.

Dengan bersikap hemat, Anda sudah memiliki sifat-sifat seorang wirausaha sejati. Sifat hemat dalam diri seorang wirausaha bisa membuat banyak perubahan dalam strategi bisnis dan menekan pengeluaran berlebihan. Ketika membuat rencana keuangan di kantor, biasakan untuk menghemat pengeluaran tersebut agar rencana keuangan kantor tidak terganggu,atau membuat rencana belanja rumah tangga ( uang belanja,uang sekolah anak,jajan anak,uang transport dll) agar gaji kita cukup,syukur bisa menabung biar Cuma sedikit.
2. Inovatif

Kreatif dan inovatif merupakan salah satu syarat penting yang dimiliki seorang wirausaha. Dalam dunia kantoran, inisiatif, inovasi, dan kreativitas juga sangat dibutuhkan untuk memajukan perusahaan tempat Anda bekerja. Contohnya suatu saat Anda memiliki ide untuk membanu teman yang sedang mempromosikan produk. Meski bukan bagian dari tugas Anda, tapi tak ada salahnya untuk menyumbang ide yang bagus. Siapa tahu bermanfaat untuk membantu teman yang sedang membutuhkan dana buat sekolah anaknya,sekalian beramal bisa tambah akrab sesama teman.
Berjiwa kreatif dan inovatif dalam pekerjaan tidak hanya berguna untuk memupuk jiwa wirausaha dalam diri saja, tetapi juga untuk melatih kemampuan berpikir jernih dan mencari celah usaha dan memanfaatkannya dengan positif. Bisa juga nantinya berguna untuk naik jabatan, karena ide inovasi dari Anda.
3. Berjiwa besar

Setiap hal yang dilakukan tak jarang akan berakibat pada kegagalan. Namun jika Anda memiliki jiwa wirausaha, seharusnya hal ini tidak akan membuat Anda merasa kalah. Justru, semangat Anda terpacu untuk maju dan berusaha lebih baik lagi.Ketika ide Anda ditolak, atau misalnya ada karyawan baru yang dinilai lebih aktif, maka Anda harus berjiwa besar dan justru menjadi semangat Anda untuk maju,dan mencari ide yang lebih kreatif yang lain untuk suatu masalah yang lain pula.Pantang menyerah dan terus usaha,itu kunci Anda untuk sukses.
5.Disiplin

Setiap pekerjaan pasti menuntut kedisiplinan yang tinggi. Kemampuan disiplin diri yang tinggi akan membuat Anda sukses dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Dalam hal disiplin diri, perempuan lebih unggul dibanding pria,tetapi soal keberanian pria lebih menonjol,tapi Anda tidak usah takut,soal keputusan secara tidak langsung akan kita temukan jalan yang terbaik,seiring dengan pengalaman yang kita peroleh,sehingga keberanian akan muncul dengan sendirinya.
Apakah Anda mempunyai sifat-sifat tersebut diatas,kalau ya,Selamat Menjadi Orang Sukses,modal awal sudak Anda miliki,tinggal memupuk dan keberanian Anda untuk mencoba langkah berikutnya.
SELAMAT MENCOBA MENJADI WIRAUSAHA SEJATI.

5 komentar:

  1. teatap semangat ya,biar sukses tetap ingat kawan bunk,sukses selalu!!!

    BalasHapus
  2. Siip, jeng
    Cuman dari nenek moyang dulu slalu menekankan "Jujur" dan "menjaga kepercayaan orang - Amanah"

    btw tulisannya siip banget, inspiratif.
    Smoga sukses

    have a nice day

    pasarjogja.com - from jogja with batik

    BalasHapus
  3. Makasih ya sarannya,kata jujur eamang suangat penting.So nice day to you friend.

    BalasHapus