Minggu, 10 April 2011

Manfaat Seledri untuk kesehatan


Manfaat Seledri untuk obar HERBAL selain untuk Sayur???

Seledri atau nama latinnya Apium Graveolends L sangat banyak di gunakan sebagai bumbu masak pada berbagai makanan yang kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Tapi masih banyak di antara kita yang mungkin belum mengetahui kasiat dari seledri sebagai obat herbal, seledri mengandung zat tonik sebagai pemacu enzim pencernaan, menurunkan tekanan darah, menghentikan pendarahan, peluruh air kencing, peluruh haid, menurunkan asam urat, dan membersihkan darah. Sedangkan perannya dalam reproduksi karena seledri mampu memperbaiki fungsi hormonal yang terganggu, seperti nyeri haid dan juga nyeri yang di akibatkan oleh batu ginjal.

Seledri sangat kaya akan minyak astiri, setiap 100 gram daun seledri mengandung 130 IU vitamin A dan 15 mili gram vitamin C. Vitamin A dan vitamin C di kenal sebagai anti oksidan yang dapat memperlancar darah dan efektif untuk melawan serangan radikal bebas terhadap dinding sperma tau sel telur.

Sejak zaman Mesir kuna, yunani dan Romawi kuno 850 SM. Seledri di tanam sebagai tanaman pengobatan. Biji pada seledri berguna untuk menyembuhkan demam, flu, penyakit pencernaan, dan arthritis limpa dan hati. Berdasarkan penelitian lain tanaman ini mengandung natrium yang berfungsi sebagai pelarut guna melepaskan deposit kalsium yang tersangkut di ginjal dan sendi.

Hasil penelitian lain menyebutkan, seledri juga mengandung psoralen, zat kimia yang menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker, akarnya di rekomendasi untuk pengobatan anaskara dan perut mulas. Daun yang masih segar bermanfaat untuk perut dan hati, melancarkan air seni dan haid, memecah batu ginjal, memperbanyak mani, dan mengatasi bau mulut yang tak sedap.

Daun seledri juga dapat meningkatkan stamina tubuh karena sifatnya sebagai penyegar, meningkatkan sirkulasi darah dan sirkulasi oksigen yang mengalir dalam darah, zat aktif apigenin juga terkandung dalam seledri yang bisa merangsang ereksi, penggumpalan darah, dan relaksasi otot polos.

Semoga bermanfaat, kesehatan ialah harta yang tak ternilai,dan pengobatan herbal tidak efek samping seperti obat kimia,selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar