Selasa, 12 April 2011

Kulit Buah Jangan dibuang dulu,banyak manfaat lho?Cegah Kanker dll.


KULIT BUAH BERMANFAAT UNTUK MENCEGAH KANKER?

Jadi jangan buru-buru dibuang,lebih aman karena alami pastinya sudah diteliti para ahli,berikut ulasannya :

Matthew Kadey, MSc, RD, ahli gizi dari Ontario, Canada, mengatakan, kulit buah sebenarnya bisa diolah menjadi makanan yang lezat bergizi. Berikut contoh ide makanan dari kulit buah dan sayur yang ia ungkapkan.

Kulit kentang
Sebagian besar serat yang mengenyangkan justru terletak di kulit kentang.

Olah menjadi: Keripik kentang. Tetapi, bukan digoreng. Taruh kulit kentang yang sudah dikupas pada loyang. Taburi sedikit minyak, garam, lada hitam, dan cabai merah. Panggang di oven dengan suhu 204 derajat Celcius selama 10-15 menit, hingga garing.

Kulit apel
Apel kaya akan quercetin, antioksidan yang bisa membunuh sel kanker. Riset yang diterbitkan di Nutrition Journal menyebutkan, sebagian besar zat ini ada di kulitnya.

Tambahkan pada: Sandwich isi daging sapi dan keju. Iris kasar kulit apel, masukkan di antara lapisan daging sapi yang sudah diasapi dan keju cheddar. Panggang sebentar, hingga keju meleleh.

Kulit kiwi
Kandungan vitamin E dan flavonoidnya tinggi sekali, ampuh dalam menangkal berbagai bibit penyakit.

Tambahkan pada: Smoothies. Blender 1 buah kiwi tanpa mengupas kulitnya, campur dengan 110 gr strawberry, 236 ml jus jeruk, dan 245 gr yogurt tanpa rasa.

Kulit jeruk
Bagian ini mengandung d-limonene, senyawa penting yang dapat melindungi kita dari kanker kulit.

Tambahkan pada: Racikan sambal. Iris halus kulit jeruk. Campurkan dengan 1-2 sendok makan kacang-kacangan, tomat, dan bumbu favorit pembuat sambal.

Kulit wortel
Kandungan beta-karoten yang banyak ditemukan pada kulit wortel bagus untuk kesehatan mata, kulit, dan menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

Tambahkan pada: Burger. Campur parutan wortel beserta irisan kulitnya dengan daging sapi untuk menciptakan rasa unik pada burger.

Jadi bagi anda yang suka buah-buahan,kulitnya jangan buru-buru dibuang ada beberapa yang bisa langsung dimakan asal buah sudah dicuci misal :apel,wortel tapi untuk yang lain bisa dicampurkan seperti contoh diatas,agar rasa lebih nikmat karena ada yang rasanya kurang enak/tidak enak,sehingga manfaat tetap bisa didapat tidak terbuang sia-sia.

SELAMAT MENCOBA,HEMAT SEHAT KUAT,RAMAH LINGKUNGAN,PASTINYA AMAN...AND ALAMI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger