Kamis, 14 April 2011

Humor April dari Google.com


Humor bulan April Gaya Google.com

Setiap hari pasti saya membuka Twitter dengan tujuan utama melihat Trending Topic. Hari ini tanggal 1 April, bagi saya tidak ada yang istimewa dengan tanggal ini. Semua berjalan biasa saja di hari Jum’at ini. Iseng saya klik salah satu Trending Topic yang sedang berjalan, yaitu Gmail Motion..wah senang rasanya ada hal baru dari Gmail yang memang telah menemani hari-hari saya sejak diluncurkan pada tahap Beta di tahun 2005.

Sudah tentu, saya klik salah satu tweet yang membicarakan Gmail Motion ini, pastinya saya penasaran juga dengan link yang ada di salah satu tweet tersebut..segera saya klik dan sampailah saya pada halaman depan dari Google Motion Beta. Saya pun berpikir, “wah masih tahap Beta..jadi inget waktu Gmail masih Beta tahun 2005 yang lalu, pingin nyoba ah..Google selalu ada hal baru dan keren”. Ada tulisan “A new way to communicate Introducing Gmail Motion — now you can control Gmail with your body.”

Gmail menawarkan layanan e-mail dengan bahasa isyarat..untuk actions seperti compose, reply, reply all, report spam, forward, send, search dll. Oh my Gog..,canggih banget..


Belum lagi di halaman depan Gmail Motion Beta itu ada videonya, saya simak baik-baik..ada perkenalan dari Product Manager Google, cara kerja Gmail Motion yang lebih “manusiawi” dan mengedepankan human computer interaction, lalu ada keterangan..Easy to Learn, Improve Productivity dan Increased Physical Activity. Tidak lupa saya klik pula video dari Paralanguage expert dan Movement Specialist…sebelum mencoba masuk ke Gmail Motion Beta, maksudnya biar lebih mantap pas nanti coba-coba Gmail Motion ini hehe..

Sampailah pada apa yang harus dilakukan..Mencoba produk Gmail Motion ini dengan Google ID saya..Saya klik tombol Try Gmail Motion, lantas muncul sebuah halaman, pop-up dengan gambar dan otomatis loading..dan membuat saya langsung bertanya-tanya wah apa nih..dan dalam waktu beberapa detik saja munculah gambar dengan tulisan: April Fools! Gmail Motion doesn’t actually exist. At least not yet…Okay, now you can login to Gmail or close this silly box.

Hahaha Duh! Lumayan miris juga udah serius ngikutin perkenalannya, terkagum-kagum plus penasaran bakalan seperti apa Gmail Motion ini..eh taunya..Google Cuma ngerjain..maklum 1 April, saatnya orang-orang seantero dunia sah buat ngerjain atau ngejailin orang..Hehe..lucu juga si Google ini..kayak manusia aja bisa ngerjain orang-orang..Konyol sekaligus menghibur!

Coba yuk kita diskus sedikit kenapa Google melakukan semua ini? Buat saya pribadi jokes ini ada hubungannya juga dengan branding yang dilakukan Google agar dibicarakan oleh para tweeps dan conversationalist..Ok, coba kita lihat beberapa point di bawah:
Google ingin selalu dibicarakan dimana saja. Eksistensinya harus dibuktikan agar semua orang akan selalu “sadar” akan kehadiran Google yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari jutaan manusia pengguna internet.

Google ingin “mengingatkan” kepada kita semua bahwa Google adalah brand yang selalu berinovasi dan memiliki teknologi terdepan dengan produk-produk baru mereka.

Google ingin dikenal sebagai brand yang memanusiakan teknologi. Dalam jokes-nya di April’s Fool kali ini Google memberi lelucon bahwa mereka meluncurkan produk yang sangat “manusiawi” dan meningkatkan aktivitas fisik dalam berinternet. Google kaan menjadi brand yang paling mengerti manusia di jagad internet.

Walaupun jokes ini konyol, tapi Google berhasil membuat saya merasa dekat dengan produk-produknya. Google berhasil membuat saya sadar akan kehadirannya seperti layaknya sahabat, walaupun kadang terlupakan karena rutinitas sehari-hari. Ternyata Google tidak rela dilupakan begitu saja..dan akhirnya berhasil melakukan aksi “balas dendam” pada April Mop kali ini..dan kepada Google yang selalu setia menemani saya..saya bergumam “Yeah Google, you’re still my lovely bestfriend!” (p)

Sumber : Google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar