Senin, 18 April 2011

Awas : Kenali Gejala Jantung lebih Dini,Siapa takut..?


Kenali Gejala jantung lebih Dini

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh utama di banyak negara, termasuk Indonesia. Menjalankan gaya hidup sehat merupakan cara paling efektif untuk melindungi diri dari penyakit ini. Cara lain adalah waspada jika muncul tanda-tanda gangguan jantung,ini bisa terjadi pada diri sendiri,anak-anak kita,teman,saudara,bahkan pembantu kita,jadi lebih baik kita menegal gejala lebih dini,yaitu sbb :

1. Cemas
Serangan jantung bisa menimbulkan rasa cemas atau ketakutan atas kematian. Bahkan, ada yang merasa seperti kiamat sudah datang.

2. Nyeri dada
Memang tak semua nyeri dada menjadi indikasi serangan jantung. Rasa nyeri ini kadang diibaratkan seperti dada yang diduduki gajah.

3. Batuk atau bersin terus-menerus
Ini bisa menjadi simtom gagal jantung sebagai akumulasi cairan di paru-paru.

4. Pusing

5. Kelelahan
Merasa kelelahan sepanjang hari bisa menjadi sindrom dari gagal jantung.

6. Mual atau tidak nafsu makan
Sebenarnya bukan hal yang biasa ketika seseorang merasa sakit perut atau muntah saat mendapat serangan jantung. Namun, pembengkakan di bagian perut yang dikaitkan dengan gagal jantung memang dapat mengganggu nafsu makan.

7. Nyeri di bagian tubuh lain
Pada kebanyakan serangan jantung, rasa nyeri dimulai dari dada dan menyebar ke bahu, lengan, siku, punggung, leher, rahang, atau perut. Ada kalanya mereka yang mengalami serangan jantung tidak merasakan nyeri dada. Hanya ada rasa nyeri di daerah tubuh lainnya. Rasa nyeri pun bisa datang dan pergi.

8. Denyut jantung cepat atau tidak beraturan
Saat denyut jantung cepat dan tidak beraturan, apalagi dibarengi rasa lemas, pusing, atau napas pendek, hal itu bisa menjadi tanda serangan jantung, gagal jantung, ataupun aritmia.

9. Sulit bernapas
Ada kalanya seseorang yang mengalami serangan jantung tidak merasakan nyeri atau tekanan di dada, tetapi merasa kesulitan bernapas.

10. Berkeringat
Perlu diwaspadai kalau tiba-tiba Anda berkeringat, padahal sedang duduk diam di kursi.

11. Tubuh bengkak
Gagal jantung bisa menyebabkan cairan terkumpul di dalam tubuh. Akibatnya, terjadi pembengkakan di bagian tubuh, seperti kaki, perut, dan pergelangan kaki.

12. Sangat lemas
Mereka yang mengalami serangan jantung merasakan rasa lemas yang amat sangat. Rasanya mereka tidak bisa memegang selembar kertas di antara jarinya.

Hal-hal tersebut diatas bila terjadi dengan intensitas yang sedang sampai tinggi,segera secepatnya periksa ke dokter ahli jantung,karena bisa saja sudah positif sakit jantung tanpa kita sadari.
Karena siapa saja bisa terkena,termasuk orang yang tidak punya keturunan sekalipun,ini pernah terjadi pada teman saya,ketika itu dia habis terapi kesehatan dengan media air,terapi tersebut katanya untuk mendeteksi berbagai macam penyakit di tubuh kita dengan cara melihat perubahan warna air setelah diterapi.Setelah sampai rumah justru dia merasakan jantungnya sering berdetak lebih keras,susah tidur padahal habis kerja seharian,cepat lelah,dada suka panas.Kurang lebih satu minggu kemudian,dia mendapatkan undangan hajatan seorang teman,kebetulan ada hiburan musiknya,dia hobby maka terlibatlah teman saya itu untuk meramaikan keadaan dengan pesan lagi dan joget,setengah jam kemudian dia duduk di samping Loudspeaker yang cukup keras,tapi dia merasakan dadanya panas dan susah untuk bernapas,dan akhirnya pinsan di tempat.Untung masih sempat melambaikan tangannya minta pertolongan sehingga secepatnya dibawa ke rumah sakit,hasilnya positif sakit jantung setelah hampir 2 hari dirawai di ICU di sebuah rumah sakit swasta.Padahal seluruh keluarganya tidak ada yang yang sakit jantung,hanya kebetulan memang dia hobbynya makan makanan yang berlemak alias daging ( kebiasaan yang kurang baik karena daging termasuk penyumbang terbesar kadar lemak darah/kolesterol penyebab sakit jantung).

Jadi waspadalah Pola makan yang salah,bisa fatal akibatnya.

www.asihcla-10.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar