Selasa, 19 April 2011

10 Tips Hindari Tidur mendengkur,Coba Saja...


Tidur Mendengkur...ada tips,Coba saja...

Menurut American Academy of Otolaryngology, sekitar 45 persen orang dewasa normal kadang mendengkur dan 25 persen di antaranya masuk kategori biasa. Masalah ini lebih umum terjadi pada pria, terutama yang overweight atau kelebihan berat badan.

Mendengkur biasanya memburuk seiring bertambahnya usia. Apakah Anda ingin berhenti mendengkur? Cobalah menerapkan pengobatan alami dan perubahan pola hidup berikut ini :

1. Mengubah Posisi Tidur

Mendengkur terjadi ketika langit-langit, tekak, lidah, tonsil atau otot di belakang tenggorokan saling bersentuhan satu sama lain, sehingga menimbulkan suara getar selama tidur. Bunyi dengkuran muncul ketika posisi tidur telentang sehingga lidah tertarik ke belakang dan aliran udara mengalami penyempitan. Karena itu, cobalah mengubah posisi tidur menjadi miring agar terhindar dari mendengkur.

2. Turunkan Berat Badan

Jaringan leher orang yang kelebihan berat badan biasanya tebal. Ini yang memungkinkan munculnya risiko mendengkur. Menurunkan berat sekitar 10 % dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan yang sangat mengganggu itu.

3. Hindari Alkohol dan Obat Penenang

Apa pun jenis obat penenang seperti pil tidur atau alkohol dosis rendah dapat menyebabkan mendengkur, karena cenderung menekan pernapasan. Karena itu, hentikan atau kurangi kebiasaan menggunakan obat-obat penenang.

4. Hirup Uap Air Sebelum Tidur

Hidung tersumbat dapat menyebabkan mendengkur. Salah satu cara mengatasinya adalah menghirup dalam-dalam uap air melalui hidung sebelum tidur. Anda juga bisa meletakkan handuk yang telah dicelupkan dalam air hangat dan menghirup uapnya untuk menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat.

5. Cobalah Obat Semprot Nasal

Penelitian menunjukkan bahwa obat nasal semprot dapat mengusir penyumbatan, sehingga membuat lubang hidung terbuka lebar.
6. Matikan rokok Asap rokok membuat jaringan-jaringan, baik di tenggorokan maupun hidung, mengalami iritasi, sampai bengkak dan menyumbat aliran udara.

7. Cukup cairan Minumlah cukup cairan setiap hari. "Sekresi di hidung dan langit-langit mulut menjadi lengket ketika Anda dehidrasi. Hal ini menimbulkan dengkuran," kata Slaughter.

8. Ganti bantal Alergen di kamar tidur dan bantal mungkin berpengaruh pada terjadinya ngorok. Menurut Slaughter, tungau debu bisa berakumulasi di bantal dan menyebabkan reaksi alergi yang memicu dengkuran. Untuk mengurangi alergen di tempat tidur, cucilah bantal Anda dan jemur di bawah sinar matahari minimal seminggu sekali. Selain itu, jagalah agar hewan kesayangan tidak tidur satu kamar dengan Anda.
10.Olahraga secara teratur,paling baik lari-lari kecil secara rutin dipagi hari,ini akan melatih pernafasan secara teratur sehingga membran tenggorokan tetap elastis tidak kendur,ini salah satu penyebab dengkur.

Dengan demikian Anda dapat terhindar dari risiko mendengkur.

2 komentar:

  1. Maksih ya telah berkunjung ,moga anda juga sukses selalu amiiin

    BalasHapus