Sabtu, 18 Juni 2011

Brokoli : Sayur yang Enak dan Kaya Manfaat

Biznis-on line : Brokoli Pencegah Sakit Kanker.


Beberapa jenis sayur dan buah telah terbukti mampu mencegah penyebaran sel kanker, salah satu yang tak terkalahkan adalah brokoli. Sayuran berwarna hijau pekat ini memiliki kandungan antioksidan yang membantu menetralisir senyawa karsinogen.

Brokoli mengandung zat-zat yang merangsang detoksifikasi enzim yang membantu tubuh secara alami melenyapkan penyebab kanker dan toksin yang berbahaya.

Indole-3-carbinol, zat yang ditemukan dalam brokoli, bahkan sangat baik untuk menjaga kesehatan wanita. Riset-riset menunjukkan, zat ini mengurangi risiko kanker payudara dan kanker serviks, serta membantu menekan aktivitas sel-sel kanker yang sudah ada. Si hijau ini juga sarat flavonoid kemprefol, yang melindungi tubuh melawan kanker ovarium.

Kelebihan brokoli bukan hanya itu karena ia juga sumber asam folat, vitamin B yang dibutuhkan untuk membentuk dan melindungi DNA, memproduksi sel darah, pembentukan sel-sel baru, dan mensintesis protein. Asam folat juga berkaitan dengan berkurangnya risiko kanker pada orang dewasa.

Ada beberapa alasan mengapa brokoli adalah sayuran yang penting untuk kesehatan perempuan. Pertama, asam folat merupakan zat yang penting untuk ibu hamil untuk perkembangan sistem saraf janin dan mencegah cacat otak dan sumsum tulang belakang.

Kedua, penelitian menunjukkan, wanita lebih rentan terhadap depresi dibanding laki-laki dan depresi berkaitan erat dengan kekurangan asam folat. Kabar baiknya, meningkatkan asupan asam folat efektif untuk meningkatkan level serotonin dan mengurangi gejala-gejala depresi.

Tambahan bonus lainnya, brokoli merupakan sumber serat, vitamin C, K, E, dan A, serta berbagai mineral penting. Selain itu, sebagai diuretik alami, brokoli membantu mengurangi gejala kembung dan retensi cairan menjelang menstruasi.

Untuk rasa dan nutrisi yang optimal, disarankan untuk mengolah brokoli dengan cara dikukus tidak lebih dari lima menit atau sampai warnanya agak hijau terang. Tambahkan minyak zaitun murni, lemon, atau garam untuk memberi rasa.

Biznis-on line : Brokoli Pencegah Radang Usus Besar

Sayur-mayur merupakan sumber serat dan vitamin yang wajib kita konsumsi. Penelitian menunjukkan, brokoli termasuk dalam jenis sayur yang punya kemampuan untuk meningkatkan kesehatan organ pencernaan, khususnya untuk mencegah radang usus besar.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Liverpool diketahui, serat dari brokoli akan meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi para pencernaan. Karena itu, dilakukan penelitian lebih dalam untuk melihat apakah brokoli bisa dipakai sebagai obat untuk pasien penyakit crohn atau radang usus besar.

Penderita penyakit crohn biasanya mengalami keterbatasan menyerap cukup nutrisi. Gejala utama penyakit ini adalah diare berkepanjangan, kejang atau sakit perut, adanya darah di dalam tinja, kelelahan, dan menurunnya berat badan.

Penyakit crohn diderita sekitar 1 dari 1.000 orang dan sering dialami oleh orang yang pola makannya rendah serat dan lebih banyak mengonsumsi makanan yang diproses atau diawetkan.

Hasil penelitian menunjukkan, serat dari sayuran, seperti yang berasal dari brokoli, ternyata mencegah bakteri masuk ke dalam sel-sel usus. Saat ini para ahli tengah menguji efek serat brokoli terhadap 76 pasien chron untuk melihat apakah penyakit mereka akan hilang setelah rutin mengonsumsi brokoli.

Biznin-on line : Brokoli Pembunuh Kanker Lambung

Brokoli, sayuran yang sangat digandrungi mantan Presiden AS Bill Clinton dan dibenci penggantinya, George Bush, ternyata punya khasiat luarbiasa buat kesehatan. Sayuran yang berasal dari Italia ini mengandung sulforaphane, yang membunuh kuman pengganggu kerja lambung bernama heliobacterpylori.
Kuman ini penyebab utama kasus luka dan kanker lambung.

Selain itu, brokoli bersifat anti acetylcholinesterase yang baik bagi penderita alzheimer. Penelitian di King's College, London, Inggris, menyatakan, brokoli mempunyai sifat tersebut yang paling kuat dibandingkan sayuran lainnya.

Lantaran mengandung banyak vitamin dan mineral, brokoli dijuluki The Crown Jewel of Nutrition. Brokoli mengandung vitamin A, potasium, folacin, zat besi dan fiber. Setiap 25 gr brokoli mengandung kalsium setara dengan susu.

Biznis-on line : Masih banyak manfaat Brokoli,Pencegah Sakit Kanker Saluran Empedu,Kanker Prostat.Agar zat-zat yng begitu besar tidak hilang dan lebih terjaga cara yang paling baik adalah " dikukus " dan jangan tertalalu lama.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar