Jumat, 10 Juni 2011

Awet Muda & Tetap Sehat Sampai Tua

Mau Awet Muda & Tetap Sehat ?


Biznis-on line : Bertambahnya usia memang tidak dapat dicegah, tetapi kita masih bisa memperlambat efek penuaan pada tubuh. Alam sudah menyediakannya secara melimpah, tinggal kita bersedia mengasupnya atau tidak.

Biznis-on line : Ada banyak faktor yang menyebabkan gejala penuaan, selain faktor berkurangnya hormon pertumbuhan, efek penuaan juga timbul karena polusi, stres, sinar matahari, merokok, alkohol, kurang istirahat, serta pola makan kurang gizi.

Selain yang tampak pada kulit, misalnya, kulit tampak kusam dan mulai timbul kerutan, efek penuaan juga bisa berupa mudah sakit, konsentrasi menurun, atau sering kelelahan.

Biznis-on lineMenurut ahli gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Inge Permadhi, SpGK, penuaan dini sebenarnya dapat dicegah dengan cara memperbaiki pola makan kita. "Kuncinya adalah makan dengan komposisi zat gizi yang seimbang," katanya dalam acara Nutritalk di Jakarta, Selasa (7/6/2011).


Ia menyebut sayur-sayuran dan buah sebagai makanan yang dapat membantu kita untuk tetap awet muda. "Intinya, dengan mengonsumsi sumber antioksidan, yaitu sayur dan buah-buahan," katanya.

Biznis-on line ; Antioksidan merupakan pelawan radikal bebas, molekul yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan berkaitan dengan penyakit inflamasi kronis.

Selain itu, ia juga menyarankan agar kita mengurangi asupan lemak, terutama lemak jenuh. "Lemak merupakan sumber radikal bebas jika jumlahnya berlebihan. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi lemak 30 persen dari total kalori, tapi ingat, sumbernya harus sehat, bukan lemak yang berasal dari makanan yang digoreng," katanya.

Saat ini memang tersedia berbagai suplemen yang mengklaim sebagai antioksidan. Namun, dr Inge menganjurkan agar kita mencukupi antioksidan dari makanan sumber, yaitu makanan alami.

"Suplemen memang langsung diserap tubuh, tetapi tubuh tidak punya mekanisme untuk menolaknya jika zat atau vitamin yang dibutuhkan sudah cukup. Efeknya adalah toksik atau kelebihan. Berbeda dengan sumber alami, yakni sayur dan buah, jika kelebihan, otomatis akan dibuang tubuh," katanya.

SUPLEMEN VITAMIN AGAR TETAP SEHAT & AWET MUDA.

Biznis-on line : Suplemen vitamin tidak cuma menyediakan kebutuhan nutrisi, tapi juga menghindari tanda-tanda penuaan. Beberapa jenis nutrien, seperti kalsium dan vitamin D, berguna untuk menjaga kesehatan, tapi juga membuat kita awet muda. Apa saja suplemen yang dianjurkan untuk memaksimalkan kesehatan dan membuat kita tetap muda?

Vitamin D
Anda bisa mengurangi risiko terkena kanker kolon, payudara dan esofagus hingga 50 persen bila Anda mendapat cukup vitamin D. Demikian menurut Michael F.Holick, MD, PhD, profesor dari Boston University School of Medicine.

Vitamin D akan menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengaktifkan sistem imun untuk melawan infeksi. Sumber vitamin D terbaik adalah kuning telur, ikan, dan makanan yang sudah difortifikasi, seperti susu dan sereal. Paparan sinar matahari juga baik untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh.

Kalsium
Mineral ini sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan diperlukan untuk fungsi otot dan saraf. Kekurangan kalsium akan menyebabkan kerusakan tulang terjadi lebih cepat daripada pembangunannya. Selain untuk tulang, penelitian menunjukkan suplementasi kalsium bisa mengurangi risiko terbentuknya polip penyebab kanker kolon.

Magnesium
Penelitian menunjukkan kekurangan magnesium lebih sering terjadi pada orang usia lanjut daripada orang muda. Hal ini terjadi karena semakin tua, kemampuan tubuh untuk menyerap magnesium dari makanan akan berkurang. Selain itu, obat-obatan seperti antibiotik dan obat diuretik juga berdampak sama. Selain mencegah diabetes, magnesium juga dapat menurunkan tekanan darah.

Vitamin B
Beberapa penelitian menunjukkan, penyakit stroke dan jantung bisa dicegah bila kita cukup mendapatkan vitamin B6, B12 dan asam folat. Kadar vitamin B yang cukup juga bisa menghindarkan kita dari penyakit khas orang tua, yakni demensia.

HINDARI KEBIASAAN BURUK

Biznis-on line : Bila Anda tidak ingin terlihat lekas tua, hindari empat kebiasaan buruk berikut: merokok, minum alkohol terlalu banyak, kurang bergerak, dan pola makan tidak sehat. Kombinasi empat kebiasaan buruk itu akan membuat Anda terlihat 12 tahun lebih tua daripada usia sebenarnya.

Kesimpulan tersebut dibuat berdasarkan analisis rekam jejak terhadap 5.000 orang Inggris selama 20 tahun. Secara umum, 314 orang memiliki empat kebiasaan buruk. Di antara mereka, 91 orang atau 29 persen meninggal selama kurun waktu penelitian. Bandingkan dengan kelompok orang yang tak punya empat kebiasaan buruk itu, hanya 32 yang meninggal atau sekitar 8 persen.

Kebiasaan yang termasuk tidak sehat, antara lain, adalah merokok, menenggak alkohol lebih dari tiga gelas per hari, berolahraga kurang dari dua jam setiap minggu, serta jarang makan buah dan sayur.

"Untuk berada dalam kategori sehat, Anda tidak harus bersikap ekstrem. Bila gaya hidup Anda bisa diubah, terlebih bila keempat kebiasaan buruk itu ditinggalkan, hasilnya akan sangat baik," kata Elisabeth Kvaavik dari Universitas Oslo.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Archieves of Internal Medicine ini semakin menguatkan berbagai penelitian sebelumnya yang mengaitkan gaya hidup sehat dengan panjang usia seseorang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar