Kamis, 14 Juli 2011

Jaga Mata Anda Agar Tetap Sehat,dengan makanan yang sehat

Selain butuh perawatan yang benar, mata juga butuh nutrisi. Sepuluh jenis pilihan makanan ini bisa Anda asup setiap hari. Atur pola makan Anda, dan berikan perhatian pada mata dengan menjaga asupan nutrisinya.


1. Wortel
Siapa tak kenal wortel yang baik untuk mata? Wortel kaya beta karoten. Beta karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk mata. Wortel juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.

2. Alpukat
Alpukat terbukti padat nutrisi. Makanan ini juga baik untuk mata. Apalagi alpukat mengandung lebih banyak lutein dibanding buah lainnya. Lutein penting untuk mencegah degenerasi macular (penurunan ketajaman penglihatan) dan katarak. Alpukat juga sumber nutrisi yang penting untuk mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

3. Brokoli
Sayuran ini kaya vitamin dan zat gizi yang dibutuhkan mata, seperti vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane. Rupanya sayuran hijau ini tak hanya mampu mencegah kanker payudara dan menjadi antioksidan. Memasukkan brokoli dalam menu harian juga bisa menyehatkan mata.

4. Telur
Telur kaya nutrisi untuk merawat kesehatan mata, seperti vitamin A, seng, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan cysteine. Selain bisa memenuhi asupan protein setiap harinya, telur juga baik menutrisi mata Anda.

5. Bayam
Vitamin A yang baik untuk mata juga bisa didapatkan dari bayam. Selain kaya vitamin A, bayam juga mengandung nutrisi yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxathin.

6. Kol
Sayuran yang satu ini tak disarankan untuk penderita maag karena kandungan gas yang tinggi. Namun untuk merawat mata, kol baik dan mengandung nutrisi yang sama seperti bayam.

7. Tomat
Tomat baik untuk kesehatan kulit, namun juga punya banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya vitamin C dan lycopene, dua nutrisi yang sangat penting untuk mata.

8. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari mengandung selenium, nutrisi yang bisa mencegah katarak dan juga menjaga kesehatan mata secara umum.

9. Bawang putih
Bawang putih mengandung selenium dan nutrisi yang baik lainnya untuk mata, seperti vitamin C dan quercetin. Meski aromanya tajam, bawang putih punya banyak manfaat untuk organ tubuh, tak hanya ampuh mencegah stroke misalnya.

10. Salmon
Omega 3 yang terkandung dalam salmon nyatanya juga baik untuk kesehatan mata. Salmon juga mengandung asam folik, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A.

Bila anda ingin mata tetap sehat konsumsi makanan adalah yang menjadi prioritas,bukan jumlah yang banyak dan harus mahal,tapi seimbang dan rutin.
Segala sesuatu akan nampak indah dan tetap terjaga,kalau bisa dinikmati dengan mata yang sehat,jadi tetapkan hati anda karena kesehatan adalah faktor paling utama dalam menikmati hidup sekarang dan di masa mendatang.
Tetap fokus dan jangan lupa berdoa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar