Jumat, 10 Februari 2012

Secangkir Kopi & Roti bakar Menu sehat bagi Olahragawan


Banyak iklan yang menawarkan minuman suplemen berenergi agar saat berolahraga lebih sehat dan lebih optimal,benarkah?Coba baca penelitian di bawah ini,siap tahu bisa menambah wawasan Anda,karena tidak semua iklan informative.

 Kesimpulan dari penelitian itu bahwa : Ternyata secangkir kopi dan sepotong roti bakar dapat meningkatkan daya tahan, keterampilan dan kinerja olahraga.

Seperti diketahui, kafein dan karbohidrat terbukti meningkatkan kewaspadaan dan daya tahan pekerja. Namun, untuk pertama kalinya kedua asupan ini disarankan setelah terbukti memberi efek positif terhadap keterampilan dan kinerja olahragawan. Benarkah?

Adalah sebuah tim dari Universitas Sheffield Hallam yang meneliti tiga laga sepak bola. Terdapat masing-masing delapan relawan berusia 18-22 tahun yang diuji performanya. Peneliti menilai kelincahan, dribbling, heading serta akurasi menendang relawan.

Penelitinan ini dengan cara dibari menjadi 3 kelompok sbb:
1.Kelompok peserta pertandingan pertama diberi minuman tanpa kafein atau karbohidrat,
2.Kelompok kedua diberi minuman berkafein.
3.Kelompok pemain ketiga yang diberi minuman berkafein dan berkarbohidrat.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine ini, menunjukkan gabungan antara kafein dan karbohidrat memberi hasil terbaik bagi olahragawan. Keduanya mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi pemain.

"Kami menemukan bahwa kombinasi dari karbohidrat dan kafein dapat mempertahankan intensitas pada kemampuan lari pemain, selain meningkatkan akurasi menembak dan menggiring bola selama kegiatan simulasi," kata peneliti utama, Mayur Ranchordas.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian tersebut, menyebutkan kafein dan karbohidrat mampu meningkatkan keterampilan dan daya tahan pemain sepak bola paling tidak selama satu jam pertandingan; sehingga lebih disarankan ketimbang minuman energi yang selama ini menjadi "minuman wajib".

Jadi jangan mudah tertipu iklan yang tidak informative,tapi perlu diketahui,minumlah secukupnya jangan berlebihan,begitu juga dengan makanan,secukupnya lebih bermanfaat over dosis akan sangat berbahaya.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar