Sabtu, 19 Maret 2011

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ( PPPK ) in One Step

Kita tahu sejak sekolah Sekolah Dasar,kita sudah mengenal apa arti PPPK,bahkan kalau jaman sekarang sejak Taman Kanak-kanak (TK) sudah mulai dikenalkan.Saya masih ingat pernah  ada yang membentuk " dokter kecil " di setiap sekolah tujuannya hanya satu membantu bapak/ibu guru menangani murid/siswa yang mengalami kecelakaan kecil di sekolahan sehingga bila anak tersebut kreatif,pengalaman itu bisa dipraktekan di rumah atau di masyarakat.
Berikut ini catatan saya apa sih yang dilakukan pertama ( one step ) bila terjadi kecelakaan :

1.MATA
   Bilas dengan air bersih selama 15 menit,segera hubungi dokter terdekat.

Kecelakaan mata pada umumnya :  kena debu/kotoran,kena bahan kimia.
 Tapi perlu diingat bahwa ini berlaku khusus untuk yang tidak reaksi dengan air terutama bila,kecelakaan  terjadi pada zat-zat kimia yang reaktif terhadap air hal tersebut diatas jangan coba-coba dilakukan.
 Tapi jangan kawatir karena hal iyu terjadi biasanya di laboratorium atau percobaan yang bersifat khusus,pada  umumnya yang terjadi di masyarakat,zat-zat yang rekatif terhadap ait tidak dijual bebas.

2.KULIT
   Bilas dengan air sabun,lepaskan pakaian yang terkena material.

 Sabun bersifat menetralkan,terutama bahan kimia,sehingga hal ini membantu tindakan selanjutnya sebelum dibawa ke dokter.

3.TERHIRUP
   Segera dapatkan udara segar,Beri oksigen / bantuan pernapasan bila tidak sadar.

Hal ini mutlak dilakukan karena sedikit terlambat nyawa bisa melayang,jadi jangan ragu menberri pertolongan kepada orang lain/komando orang lain untuk melakukan bantuan pernapasan buatan.Agar tidak terjadi salah penafsiran atau salah pahan sebaiknya, wanita oleh wanita, pria oleh pria, kecuali bila tidak ada orang lain apa boleh baut.Yang terpenting NIAT-nya.

4.TERTELAN
   Jika korban sadar,beri minum susu 2 ~ 3 gelas,segera hubungi dokter.
Susu bersifat menetralkan racun,sehingga bila ada yang tertelan racun bisa dihambat agar tidak langsung ke organ-organ yang vital dalam tubuh kita.

5.KEBAKARAN
   Bila besar pergunakan Hidrant digabung dengan busa,bila kecil pergunakan bubuk kimia kering atau carbon    dioxid.

Bila melebar atau tambah besar segera telpon Dinas Kebakaran .

Demikian catatan saya mengeai PPPK,ada yang mau menambahkan atau berbagi pengalaman ? Silakan ...
Saya sangat terbuka.
SEMOGA BERMANFAAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar