Jumat, 16 September 2011

INDAHNYA BULAN SYAWAL

Hari ini Jum’at,16 September 2011 saya mendapat ilmu lagi saat kutbah Sholat Jum’at yang diadakan oleh perusahaan tempat aku berkerja di daerah Tangerang,yang diisi oleh Uztadz Kamono yang intinya mencermati betapa nikmat dan indah bulan Syawal bagi kita umat Muslim di dunia yaitu :

“ Bulan Syawal yang artinya peningkatan,buat kita umat muslim tentunya masih kita rasakan Puasa bulan Ramadhan yang baru kita tinggalkan 16 hari yang lalu,dengan Puasa selama sebulan penuh merasakan lapar dan menahan segala hawa nafsu,beribadah Sholat Tarawih,menbaca Al Qur’an dan berzikir.Seharusnya masih berbekas dan meninggalkan momen yang sangat indah buat kita umat muslim.

Ada 4 hal yang patut kita lakukan agar momen tersebut segera hilang begitu saja,yaitu :

1.Puasa 6 hari di bulan Syawal.

Sabda Rosulullah SAW yang diriwayat Bukhori –Muslim : “ Puasa sebatu bulan penuh di bulan Ramadhan ditambah puasa 6 hari di bulan Syawal pahalanya seperti Puasa selama satu tahun penuh “.

Puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan sanggup kita tunaikan,ditambah 6 hari di bulan Syawal rasanya pasti sanggup kita kerjakan apalagi pahala yang akan kita dapatkan seperti pahala puasa selama 1 tahun penuh, sungguh sangat sayang kita tinggalkan.

2.Tadarus Qur’an ( Membaca dan memahami Al Qur’an )

Ada anak muslim yang tadarus Qur’an satu kali,dua kali atau bahkan lebih dari itu,rasanya sungguh sangat indah dan mulianya bila kita lakukan pada bulan Syawal ini,agar rasa iman kita selalu terjaga dari segala godaan setan yang terkutuk.

3.Qiyamul Lail ( Sholat Sunat di malam hari )

Sungguh sangat kompak dan indahnya setiap malam bulan Ramadhan semua umat muslim menjalan Sholat Tarawih yang diteruskan dengan Sholat Witir dengan secara bersama-sama ( jamaah) ataupun secara sendirian.

Semua itu akan terasa nikmat iman semakin menjiwai setiap muslim bila kita tunaikan terus pada bulan Syawal ini dan seterusnya.

4.Sedekah.

Tentunya satu bulan penuh Puasa di bulan Ramadhan ditambah dengan membayar zakat ,akan memupuk rasa sosial kita terhadap orang lain sesama saudara kita yang kekurangan,apalagi selama bulan Ramadhan adalah bulan yang baik untuk bersedekah karena pahalanya akan dilipatgandakan dari bulan-bulan yang lain.

Dengan bersedekah maka harta kita akan bertambah,dengan sedekah saudara kita akan bertambah maka sungguh bila semua umat muslim menjalankan bersedekah di bulan Syawal ini dan dilakukan di bulan-bulan yang lain maka persaudaraan antara sesame umat muslim akan terasa indah dan damai,sehingga tidak ada saudara-saudara kita yang merasa kelaparan dan kekurangan.

Sungguh sangat indah apabila 4 hal tersebut diatas bisa kita tunaikan dengan rasa ikhlas maka hidup di dunia ini akan terasa seperti Surga.Amiin.Semoga..ya Robbal alamin”.

Semoga pengalaman saya tersebut diatas bisa memupuk rasa keimanan kita semua, dan kehidupan di dunia ini semakin indah dan damai,baik sesame muslim maupun dengan umat yang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar