Jumat, 13 April 2012

4 Modal Sukses Wirausahawan



Seorang Wirausaha adalah seorang entrepreneur sejati artinya dia harus mepunyai perilaku yang dinamis,berani megambil resiko,reaktif dan selalu berkembang.Dia juga mempunyai tekad yang kuat,sedikit ada kesempatan dia akan mengejar biarpun dalam masalah atau ancaman.

Seorang wirausaha atau entrepreneur harus mempunyai cirri-ciri ;

1.Tangguh ( sangat kuat menghadapi ancaman/gangguan ).
2.Mampu mengendalikan secara internal.
3.Keinginan berprestasi sangat tinggi.
4.Percaya diri.
5.Berorientas kerja (dinamis,reaktif,selalu berkembang)
6.Toleran ( keberhasilan tidak bisa sendiri ).

Dengan jiwa wiausaha diatas maka,dalam jiwa mereka akan tertanam tekap yang kuat untuk berprestasi setinggi-tingginya,namun tetap rendah hati dan toleran dengan orang lain.

Nah,agar semuanya bisa mencapai sebagai seorang Wirausahan Sukses maka 4 Modal Wirausahawan ini harus anda miliki yaitu sbb :

1.Jujur

Jujur tidak hanya terhadap orang lain tapi harus :

-Jujur terhadap diri sendiri
Artinya : dengan jujur terhadap diri sendiri maka suasana hati dan pikiran akan  lebih tenang,sehingga diharapkan dengan suasana yang demikian maka seorang wirausaha akan bisa menuangkan ide-ide yang cemerlang,rencana akan jauh lebih matang nah inilah factor yang sangat penting keberhasilan wirausahawan.

-Jujur terhadap orang lain.
Kita tahu bahwa keberhasilan tidak semata datang dari diri sendiri,sehingga jujur terhadap orang lain merupakan modal yang wajib agar bisa dipercaya relasi,pelanggan dan pihak-pihak terkait lainnya.Karena dengan jujur terhadap orang lain maka akan mendatangkan banyak kepercayaan,sehingga setiap ada tawaran,negoisasi ataupun kerja sama akan selalu mendapat sambutan yang baik dari pihak lain.

-Jujur terhadap tujuan yang akan dicapai.
Artinya harus Realistis terhadap apa saja yang akan dicapai,karena dengan program yang terlalu muluk dan tidak masuk akal maka akan sulit terwujud sehingga jauh panggang dari api (hal yang mustahil jauh dari kenyataan).Buatlah Rencana dan Kenyataan seimbang sehingga tujuan akan mudah tercapai disesuaikan dengan masukan-masukan yang ada.

2.Berani dan Disiplin.

    Tanpa keberanian dan disiplin yang kuat suatu usaha akan berhasil,memang faktor pengalaman akan sangat berperan disini.Dengan pengalaman hidupnya sendiri atau pengalaman orang lain tidak jadi masalah,dengan banyak membaca pengalaman orang lain maka kita akan tahu tanpa harus kita alami,inilah faktor yang cukup riskan karena dengan pengetahuan yang kita asah secara terus menerus bila padu dengan keberanian ditambah dengan siap untuk mengambil resiko yang ada tidak mustahil akan mencapai suatu keberhasilan.
Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki seseorang akan mempunyai rasa percaya diri untuk menggeluti usahanya.

3.Menguasai Prinsip Manajemen dengan baik.

Manajemen  yang baik sangat diperlukan dalam setiap usaha,hal ini bisa didapat dengan cara belajar dari orang lain atau sumber-sumber yang bisa dipercaya.Sehingga diharapkan dengan Menguasai Prinsip Manajemen yang baik tersebut,kita mampu menanggulangi setiap aral yang melintang tanpa harus tergantung dengan orang lain.

4.Bersyukur

Selalu berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Memberi,berbagilah dengan orang-orang disekitar kita terutama yang membutuhkan,sehingga semakin banyak yang mendoakan kita,usaha lancer dan saudarapun bertambah.

Demikian semoga bermanfaat,saya tunggu tanggapan dari anda para pembaca yang budiman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar